Subscribe:

Ads 468x60px

Saweu Gampoeng Tanoeh Geutanyoe Seuramoe Mekkah

Rabu, 05 Oktober 2011

Hanya Sekedar Hobby atau Profesi

Oleh Ziyaush Shabri

Meulaboh memang kota yang unik dan berkesan. Walau meulaboh merupakan sebuah kota yang kecil, kota ini menyimpan banyak keindahan alam yang asri dan sangat murni. Tidak jarang banyak pendatang dan pelancong yang datang ke meulaboh untuk menikmati keindahan alam dan pesisir pantai meulaboh. Bukan sekedar basa-basi, banyak dari pelancong menyempatkan dirinya untuk bisa berkunjung ke meulaboh.

Seorang warga pesisir yang
sedang menikmati kegiatannya
Di samping itu, banyak juga pendatang dari daerah lain datang ke meulaboh dengan tujuan membuka usaha dan bisnis kecil-kecilan. Sebagaimana halnya kita jumpai di toko-toko sepanjang kota meulaboh, kebanyakan dari mereka adalah pendatang dari dalam maupun luar Aceh. kebanyakannya sich dari Padang, Bireun, Sigli, dan daerah-daerah lainnya.

Sebagaimana perjalanan saya malam ini melintasi pesisir pantai meulaboh yang indah dan memberikan pesona alam tersendiri. Menikmati keindahan pantai merupakan hobby saya di sore hari, biasanya mengajak teman untuk jalan-jalan menelusuri tepian pantai ujung karang.

Kebanyakan para pemuda dan orang tua yang tinggal di sekitar pesisir lebih senang memancing di sore hari. Terkadang bukan hanya sekedar hobby, tapi sudah menjadi kebiasaan mereka di sore hari memancing ikan di pinggir pantai (alias Profesi). Nah, apa sich modus mereka yang hobbynya memancing ini.

Suasana Pelabuhan di malam hari

Mereka mengatakan :
"memancing bagi kami hanya sekedar penghibur saja. Biasanya anak muda yang lagi liburan seringnya memancing disini, mulai dari sore hari sampai terbenamnya matahari. Ada juga yang datang selepas shalat magrib. Saya biasanya sepulang kerja memancing disini sekitar satu jam. Itu sich kalau lagi beruntung ya bawa pulang ikan, tapi kalau lagi tidak beruntung hanya sebuah kebahagiaan yang kami dapatkan", tutur seorang bapak yang sedang memancing di pelabuhan Ujung Karang.



Yah, memang begitulah adanya. Terkadang mereka mengisi waktu luangnya dengan bersantai ria di pinggir laut ditemani dengan sebuah pancingan yang  sudah dipersiapkan dari rumah. Memancing bagi sebagian mereka menjadi sebuah hobby tersendiri sepulang bekerja, bagi sebagian lainnya memancing sudah menjadi profesi mereka di sore hari. (kira-kira ikan nga tidur ya di malam hari). Selamat memancing Pak....

Inilah keindahan pantai Ujung Karang pada sore hari...


Indah bukan.....???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar